Kurikulum Kegiatan Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Al-Hidayah Selo

Kurikulum Kegiatan Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Al-Hidayah Selo
Pondok Pesantren Al Hidayah Selo menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar yang wajib diikuti oleh para santri, baik kegiatan belajar mengajar yang langsung diampu oleh Bapak K.H. Imron Hasani Ch secara sorogan dan bandongan yang dilaksanakan setiap setelah berjama'ah shalat maghrib, setelah isya' dan setelah subuh ataupun pengajian klasikal yang diampu oleh para asatidz yang ada.

Kegiatan santri di pondok pesantren :
1. Ba'da Maghrib
Semua santri mengikuti kegiatan sorogan Al Qur'an, baik yang diampu oleh apak K.H. Imron Hasani Ch sendiri bagi para santri yang sekiranya sudah mahir dalam tajwidnya, dan ada yang sorogan pada para ustadz dan ustadzah.

2. Ba'da Isya'
Santri mengikuti kegiatan bandongan kitab salaf, bagi santri yang senior langsung diampu oleh Bapak K.H. Imron Hasani Ch. Bagi santri lainnya kegiatan pengajian bandongan diampu oleh para ustadz yang ada.
Kitab - kitab yang dikaji di antaranya :
  • KH Imron Hasani : Tashawwuf dan Fiqih
  • Ust. Muhammad mufid : Fiqih & Hadits
  • Ust. M. Nur Halim : Usul Fiqih & Akhlaq
  • Ust. Sutomo : Fiqih
  • Ust. Rohmat : Fiqih

Selain kegiatan di atas juga dilakukan jam WAJIB BELAJAR bagi semua santri baik yang sekolah sore maupun sekolah pagi, yaitu mulai pukul 20.30 - 21.30 yang kemudian diteruskan dengan rutinitas harian yaitu pembacaan Surah Yasin dan Ratibul Haddad ( Istighosahan )

3. Ba'da Subuh
Dilakukan pengajian kutubus salaf yang dibagai menjadi beberapa kelas menurut kemampuan masing - masing santri, di antaranya :
Kelas SP (school experiment ), yang diampu oleh ust. Abdullah Aziz mengkaji ilmu fiqih dasar, nahwu, shorof, tajwid serta praktek ibadah ( Fasholatan )
Kelas I, yang diampu oleh ust. Khizbun Naja mengkaji diantaranya akhlaq lilbanin, tauhid 'Aqidatul 'Awam, mabadiul Fiqhiyyah, Tsimarul Janiyyah, dan amtsilatu Tashrifyah
Kelas II yang diampu oleh ust. Mustawan mengkaji di antaranya Nahwu Jurumiyah,amtsilatu Tasrifiyah, Matan Fathul qorib, dan qowaidul I'lal
Kelas III, yang diampu oleh Badrul Ahadi mengkaji Nahwu I'mrithi dan Fathul qorib.
Bagi yang tidak mengikuti pengajian di atas mengikuti pengajian yang diampu langsung oleh Bapak KH. Imron Hasani.

4. Ba'da Ashar
Diadakan pelatihan menulis huruf pegon dan belajar Tajwid bagi santri baru yang tidak sekolah sore, kemudian diadakan pengajian kitab oleh Bapak K.H. Imron Hasani Ch bagi santri yang tidak sekolah sore.

Disamping menyelenggarakan pengajian kitab dengan sistem sorogan, bandongan dan klasikal, pondok pesantren Al Hidayah Selo juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sebagaimana berikut, diantaranya :

a) Pembacaan Yasin Fadhilah yang dilakukan seminggu dua kali

b) Musyawarah / diskusi kitab
Musyawarah bertujuan untuk melatih santri mencari masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari - hari kemudian dipadukan dengan apa yang dijelaskan dalam kitab salaf, serta melatih santri untuk mengemukakan pendapat di muka umum, juga untuk memperdalam ilmu nahwu dan sharaf. Kegiatan ini dilakukan dua kali seminggu kitab yang dibahaspun diklasifikasikan berdasarkan kemampuan santri, yaitu Musyawarah Fathul qorib, Musyawarah Jurumiyah dan Musyawarah Mabadi'ul fiqhiyah.

c) Sorogan kitab meliputi ktab Fathul Qorib, jurumiyah, dan Mabadiul fiqhiyah yang diklasifikasikan berdasarkan kemampuan santri.

d) Khitobiyah.
Khitobiyah bertujuan melatih mental para santri agar berani tampil di depan umum. Kegiatan ini dilakukan satu kali sebulan.

e) Pembacaan maulid Al-Barzanji setiap malam Jum'ah yang dilaksanakan ba'da Sholat isya'.

f) Belajar / Les Matematika, B. inggris dan B. Arab kegiatan ini merupakan program belajar tambahan yang dimaksudkan santri AL - Hidayah mampu bersaing dengan orang - orang di sekolah umum.

g) Kegiatan setoran hafalan meliputi fasholatan dan surat - surat pendek yang bertujuan agar santri memiliki kemapuan dalam memimpin suatu jama'ah di masyarakat nantinya.

h) Kejar Paket B dan Paket C
bagi Santri yang tidak belajar di sekolah formal di sediakan Progam Kejar Paket B yang setara dengan SMP/MTs dan Kejar Paket C yang setara dengan SMA/MA. Hal tersebut memberi ksempatan bagi santri untuk memperoleh ilmu dan ijazah yang sama dengan sekolah formal dalam hal ini SMP dan SMA.