Teori Kasab dan Iktisab Mu'tazilah Dan Aswaja

26 Maret 2016

Teori Kasab dan Iktisab Mu'tazilah Dan Aswaja

Teori Kasb dan Iktisab
(Muktazilah Vs Aswaja: Diskusi Panjang Yang Sulit berujung)

Muktazilah yang mengatakan bahwa manusia berhak atas dirinya, bebas terbang melayang kemana pun dia mau... Berbuah kejanggalan? Akankah manusia di luar kendali Tuhan? Lantas apa perbedaan teori ini dengan 'syirik' yang mengakui ada kekuatan selain Allah swt?

Jabariyyah yang mengatakan manusia murni di 'lakonkan' oleh Tuhan dan mereka tidak mempunyai kehendak apa pun, maka berbuah kejanggalan? Mana bentuk keadilan Tuhan saat menyiksa manusia yang melakukan dosa padahal dia tidak berkendali sama sekali?

Asy'ariyyah (Aswaja) yang mengatakan manusia punya kasb dan iktisab bahwa Tuhan menciptakan kekuatan potensi dalam diri manusia untuk melakukan sesuatu dan potensi itu dibuat Allah swt., namun dia punya kehendak dan itu dibuatnya sendiri... maka dikejar, apakah kehendak itu juga dalam kehendak Allah swt.? Jika iya, maka kembali ke konsep Jabariyyah murni dan jika tidak, maka kembali ke konsep muktazilah qadariyyah... So, what is the solution for the theory of Asyari?

Syaikh Sa'id Romadhon al-Bouhti dalam kitabnya "Al-Insan Musayyar Am Mukhayyar?" mengatakan bahwa: Allah swt. berkehendak agar manusia mempunyai pilihan untuk melakukan perbuatannya, namun dia tidak akan mampu melakukannya sendiri sehingga Allah swt menciptakan potensi dengan segala fasilitasnya... Jadi, dalam kehendak si manusia masih bebas sebagai bentuk kehendak Allah swt untuk membebaskan pilihan itu (hlm. 79)...

Selayang pandang, Anda menciptakan komputer yang berpotensi mencari informasi... Saat anda mengetikkan kata 'Aku' di form Google, siapakah yang berkehendak memberikan Google pilihan pencarian? Andakah? No, si Google berjalan sendiri memberikan pilihan data apa saja yang dicantumkannya... Tapi Billa Gates tahu berapa jumlah yang akan dikeluarkan si Google karena dia pandai hitungannya.. Si Google berkehendak mencari dan si Billa Gate berkehendak memberi Google pilihan...

Diending Allah swt. menekankan....
"Wa laa yakaaduuna yafqahuuna hadiitsa....."
Teori Kasab dan Iktisab Mu'tazilah Dan Aswaja

0 comments:

Posting Komentar test