Salim Kancil dan Tosan Pahlawan Syahid Yang Tak Bertanda

29 Maret 2016

Salim Kancil dan Tosan Pahlawan Syahid Yang Tak Bertanda

Ilaa Hadhroti Tosan dan Salim Kancil in Kaanaa Muslimaini al Faatihah...
(Pahlawan Syahid Yang Tak Bertanda)

Dalam satu riwayat, Baginda Nabi saw. pernah bersabda: man quutila duuna diinihi fahuwa syahiid... Orang yg mati karena membela agamanya maka dia syahid.. wa man quutila duuna maalihi fahuwa syahiid.. Orang yg mati karena membela harta benda (tanah airnya dan alamnya) maka dia syahid..

Nyawa tak lagi ada harganya jika dilawan dengan dunia dan harta.. Tidak ada lagi qoulun ma'ruufun ucapan baik dan maghfirotun minta ampunan apalagi shodaqotun kepedulian sesama.. Ya Robb, maafkanlah kami dengan sikap dan tingkah polah yang membuatMu semakin benci..

Satu hari, Umar bin al Khottob r.a. datang ke daerah Khaibar (ada riwayat yg menyebut Irak, wallahu a'lam). Ada kasus pembunuhan di sana.. Yaitu sekelompok orang membantai satu pemuda hanya karena kesalah-pahaman saja.. Lalu Umar membalas bunuh mereka semua dg hukum qishosh.. Bahkan, beliau berkata, "Andaikan seluruh kampung itu bersekongkol untuk membunuhnya, maka aku tidak segan2 untuk membunuh mereka semua." (at Tahqiq fil khilaaf karya Ibnu Qoyyim al Jauzi)

Salim Kancil dan Tosan Pahlawan Syahid Yang Tak Bertanda

Cerita Salim dan Tosan mirip dengan korban Tuan Takur sang raja tanah yang "berhak memaksa dan memeras siapapun sesukanya"... namun cerita itu hanya ada dalam film India dan si Salim Tosan nyata... Apakah film itu menceritakan kejadian nyata atau malah membuat imajinasi menjadi fakta?

Salim Tosan selamat jalan, kalian adalah pahlawan tanpa tanda jasa sesungguhnya... Bukan mereka yang mendengungkan semboyan itu manis di bibir tapi berebut sertifikasi.. Kalian membuat kami sadar, bahwa harta dunia hanya menggelapkan mata.. Dan kalian berhasil mengungkapkan bahwa sebenarnya kita masih di era 1960 an yang penuh dengan diktator dan pelicin uang.. Hanya saja ditutupi oleh topeng indah nan kemanusiaan...

Ya Robb, tempatkan keduanya di surga terindahMu, jadikan kepeduliaan mereka berdua terhadap alamMu sebagai penebus dosa andai mereka Engkau kehendaki, benahi diri kami sendiri lalu keluarga dan pemimpin kami.. Jadikan kami hamba yang bersyukur tidak rakus terhadap dunia yang menyilaukan mata...

Cc. Tembusan kepada Pak Presiden dan pemerintah agar segera mengqishosh para preman itu... Biarkan mereka taubat namun jangan menghalangi pembalasan untuk mereka..

0 comments:

Posting Komentar test