Islam Itu Ghayah Atau Wasilah? (Perdebatan atau Pendangkalan)

29 Maret 2016

Islam Itu Ghayah Atau Wasilah? (Perdebatan atau Pendangkalan)

Islam Itu Ghoyah Atau Wasilah?
(Perdebatan atau Pendangkalan)

Jika yang dimaksudkan agama Islam sebagai wasilah adalah sarana untuk beribadah kepada Allah, aturan2 dan syariah yang harus dilakukan, maka benar statemen ini bahwa Islam adalah wasilah dan Allah yang menjadi ghoyah.. karena Islam adalah agama, agama adalah wadh'un ilaahiyyun peraturan Tuhan... Dan di antara peraturan itu adalah meyakini bahwa Islam satu2nya cara, syariah dan peraturan untuk sampai kepadaNya.. tidak ada jalan lain,

Logikanya mudah, sama sama ingin pergi ke Jakarta dan sama sama melewati jalur darat, namun jika rutenya tidak sesuai yang digariskan atau melanggar peraturan polisi lalu lintas maka tidak sampai ke Jakarta dan malah masuk ke penjara..

Islam Itu Ghayah Atau Wasilah? (Perdebatan atau Pendangkalan)

Sedang jika dimaksudkan Islam sebagai wasilah adalah menyamakan seluruh agama (ittihaadul adyaan) sebagai sarana menuju Allah swt maka ini sama dengan teori relativitas kebenaran yang berujung pada pluralisme ... memahami bahwa tidak ada perbedaan agama, dicari titik temunya saja..
Andaikan benar tidak perlu mencari titik beda dari agama agama, lalu mengapa ada naskhus syariah? Yaitu syariat Nabi menggantikan syariat agama lain.. toh, ada titik2 persamaannya bukan?
Hidup di antara dua Islam kanan dan kiri.. Salah sedikit saja dalam membentuk word view maka masuk dalam kawasan ekstremis... ke kanan menjadi radikalisasi sedangkan ke kiri menjadi liberalisasi.. Yang tersulit adalah membijakkan diri bahwa Islam itu agama tawassuth bainat tathriff wat tatharruf.. Allahu yahddinaa ilaa sawaaish shirooth...

0 comments:

Posting Komentar test