Harus ada Pola Pandang Komprehensif Terhadap Suatu Objek

26 Maret 2016

Harus ada Pola Pandang Komprehensif Terhadap Suatu Objek

Worldview, Make a framework rightly..
Harus ada Pola Pandang Komprehensif

Dr. Syaikh Abu Zahrah dalam Tarikhul Madzahib al-Islamiyyah bercerita bahwa dulu, Socrates membuat satu ungkapan bahwa ada tiga orang buta ingin tahu apa itu gajah???

Satu orang memegang kaki gajah lalu dia berkata: gajah itu panjang dan besar tinggi ibarat pohon. Satu lagi memegang punggung gajah lalu cepat-cepat membuat kesimpulan: gajah itu seperti gunung yang melengkung tapi membesar. Satu lagi memegang ekor atau belalai dan membuat satu konklusi: gajah itu kecil memanjang.

Apakah mereka benar atau salah?
Ini yang menarik, kalau hanya mengatakan mereka salah itu sudah menjadi cerita usang yang diulang-ulang para dai dan muballig. Tapi, Abu Zahrah menawarkan pola pandang berbeda dengan berkata:

Harus ada Pola Pandang Komprehensif Terhadap Suatu Objek

Innahum alaa shidqin illam ya'taqiduu khotho'al aakhor, wa 'alaa kidzbin ini'taqoduhu..
Sungguh, mereka adalah benar semua jika tidak sampai menyalahkan si buta lainnya... dan mereka adalah salah semua jika menyalahkan yang lain. Karena masing-masing sudah menemukan kebenaran parsial, tinggal duduk bersama, mendiskusikan, lalu mencari kesimpulan bersama yang disepakati... dan itulah maksud syuuuro bainahum..

Begitulah, setiap manusia diberi potensi Tuhan untuk menemukan titik kebenaran dengan akalnya... Hanya saja bersifat parsial, mereka harus duduk bersama, menggabungkan wordlview mereka dan membuat framework yang jelas agar tidak terjadi kesimpang-siuran...

‪#‎Alhasil‬: saluuuuuttt bagi temen2 yang udad-udud sembari ngopa-ngopi diskusi ngalor ngidul demi mencari satu wordlview di antara mereka... colek mas joenya robet

0 comments:

Posting Komentar test