Dengan Membaca Al Quran Maka Olah Rasaku Semakin Menjadi...

30 Maret 2016

Dengan Membaca Al Quran Maka Olah Rasaku Semakin Menjadi...

Membaca...

Kenapa aku membaca? Karena ayat pertama adalah Iqro' yang berarti bacalah, dengan membaca al Quran maka olah rasaku semakin menjadi..

Jika ingin takut maka ada ayat (Naari Jahannama, Zaqqum Tho'aamul Atsiiim, Kalaaliiba wa Aghlaala), maka tergambar siksa dengan segala polanya yang andaikan kita terus terhantui niscaya timbul rasa pasrah yang bisa memuncak putus asa dari segala harapan atau karunia (al Ghozali: 445)

Jika ingin mencintai maka dituntun dengan ayat (afalaa yandzuruuna ilal ibili, afalaa yatadabbaruunal Qur'aan, wa ilas samaa i kaifa rufi'at) yang menunjukkan keperkasaan Tuhan dengan segala keajaiban ciptanNya hingga kita rindu ingin tahu bagaimana wujud si Penciptanya? (Mauidzotul Mukminin: 321)

Dengan Membaca Al Quran Maka Olah Rasaku Semakin Menjadi...

Kenapa aku membaca? Karena aku akan menyelami kembali masa lalu. Mencari cari pelajaran berharga apa yang bisa aku dapatkan untuk ku bawa ke masa ini. Sejarah. Tidak bisa didapat tanpa membaca, mendengar dan menganalisa. Adalah bacaan sampah kalau sejarah didekati hanya deskriptif tanpa nalar tajam untuk membawanya sebagai oleh2 di kehidupan nyata (Ibnu Khaldun, Muqaddimah: 75)

Kenapa aku membaca? Karena hukum dan fiqh yang digunakan untuk mendekatiNya itu hanya bisa dipahami dengan membaca. Firman untuk dibaca, sabda untuk dibaca dan atsaar ulama pun untuk dibaca.

Kenapa aku membaca? Karena ada Kamu. Iya, kamu wahai Tuhanku, rasul, ayah ibuku, asatizku dan teman temanku. Andai tidak ada kalian niscaya kering akal ini tidak tahu apa gunanya harus membaca. Dan membaca sekitar adalah bacaan tersulit karena tanpa huruf dan abjad nyata.

0 comments:

Posting Komentar test