Ada Penting Dan Lebih Besar Dari Pada Ilmu Yaitu Adab

12 Agustus 2016

Ada Penting Dan Lebih Besar Dari Pada Ilmu Yaitu Adab

Mondok di Pesantren
(Acara Seminar Kepesantrenan PMII di UIN Walisongo)

Kenapa harus mondok?
Agar kamu tahu, iya tahu bahwa ada sisi lebih penting dan yang lebih besar dari pada ilmu. Yaitu adab. Adab kepada siapa pun. Kepada ilmu dengan menghormati kitab, berhusnuzon kepada pengarang dan mencintai ahli ilmu.

Adab kepada ulama. Syaikh al Adni dari Syiria kemarin yang menyimpulkan pentingnya membela negara di JATMAN mengatakan bahwa apa sebab Suriah terbelah? Li 'adamil marja'iyyah. Karena tidak ada referensi rujukan bagi umat. Siapa rujukannya? Ulama. Jika Indonesia tdk ingin terjadi hal yang sama di Suriah, jangan tinggalkan marja'iyyah ini.

Dengan mondok, rasa kita terolah. Perasaan dengan orang tua yang dulunya biasa biasa saja, dengan saudara/i, dengan sesama, maka akan teralihkan menjadi luar biasa.

Ada Penting Dan Lebih Besar Dari Pada Ilmu Yaitu Adab

Kenapa harus mondok? Karena engkau akan merasakan bersama dengan ahli ilmu. Tidak lagi kamu terasyikkan dengan investasi, reksadana, deposito atau pun relasi. Tapi murni kamu bertanya kenapa Si Amer jadi korban pukulan si Zaid dalam kasus Dhoroba Zaidun Amron. Kenapa ada nikah syighor? Bagaimana arti zuhud yang haqiqi?

Dengan mondok, engkau akan terbiasa mandiri. Berpikir mendalam. Dan terbiasa dengan kerasnya hidup. Tidur berbantalkan beras, kerasnya gojlokan teman teman yang membuat kangen dan rindu. Dan tentunya menikmati wajah masyayikh sebagai obat dari rasa apa pun kesedihan.

Asy Syafii mengatakan: taghorrob anil authooni, pergilah mondok, niscaya kamu mendapatkan lima manfaat. Menghormati ilmu, kemudahan berhusnuzon, dibukakan pintu rizqi, adab yang meninggi dan semakin bijaksana.

Mondoklaaah... sebelum tiba hari tua, lalu engkau bilang pada anak anakmu.... mondoklah Nak, ayah ibu dulu tidak bisa karena kakekmu tidak punya uang... Padahal engkau berbohong,
smile emoticon

Ini pengalaman mondokku, bagaimana denganmu?

0 comments:

Posting Komentar test